Monday, September 23, 2019

Pengertian Materi Pendidikan dan Jenis-jenisnya


Baca Juga:

Kumpulan Artikel Informatif Terbaru

Pengertian Materi Pendidikan dan Jenis-jenisnya
Apa itu materi pendidikan atau pembalajaran? Ulasan dibawah ini menjelaskan secara lebih terperinci mengenai sejumlah hal yang perlu Anda ketahui tentang materi pendidikan dan jenis-jenis dari materi pendidikan. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait materi pendidikan, ulasan dibawah ini diharapkan bisa menjawab pertanyaan Anda.

Pengertian Materi Pendidikan


Satu dari sekian faktor yang cukup signifikan pengaruhnya terhadap keberhasilan pendidikan secara keseluruhan adalah kemampuan dan keberhasilan guru dalam merancang materi pembelajaran. Materi Pembelajaran pada hakikatnya adalah bagian yang tak terpisahkan dari Silabus, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan dengan baik supaya pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran. Sasaran tersebut harus sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Artinya, materi yang ditentukan untuk kegiatan pembelajaran seyogyanya berupa materi yang benar-benar dapat menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta tercapainya indikator.

Materi pembelajaran dipilih dengan sebaik mungkin guna membantu peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pemilihan materi pembelajaran yaitu jenis, cakupan, urutan, dan treatment (perlakuan) terhadap materi pembelajaran tersebut.

Supaya guru dapat membuat persiapan yang berdaya guna dan berhasil guna, diharuskan untuk memahami segala aspek yang berkaitan dengan pengembangan materi pembelajaran, baik itu yang berkaitan dengan hakikat, fungsi, prinsip, maupun prosedur pengembangan materi serta mengukur efektifitas persiapan tersebut.

Jenis-Jenis Materi Pendidikan / Pembelajaran 


Jenis-jenis materi pendidikan dapat diklasifikasi sebagai berikut:

1. Fakta


Merupakan segala macam hal yang bewujud kenyataan dan kebenaran, meliputi nama nama objek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, nama bagian atau komponen suatu benda, dan lain sebagainya.

Contoh: 

Dalam mata pelajaran Sejarah: Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan Pemerintahan Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran Indonesia.

2. Konsep


Yaitu segala hal yang berwujud pengertian-pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran, meliputi definisi, pengertian, ciri khusus, hakikat, isi dan sebagainya.

Contoh: 

Penyimpangan sosial merupakan suatu bentuk pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat (Horton & Hunt 1987: 191).

3. Prinsip


Yaitu berupa hal-hal utama, pokok, dan memiliki posisi terpenting,meliputi dalil, rumus, adagium, postulat, paradigma, teorema, serta hubungan antarkonsep yang menggambarkan implikasi sebab akibat.

Contoh: 

Perilaku menyimpang timbul karena tidak adanya nilai atau norma yang dapat ditaati secara teguh, diterima secara luas, dan mampu mengikat serta mengendalikan masyarakat (Emile Durkhaim, 1897).

4. Prosedur


Merupakan langkah-langkah sistematis yang berurutan dalam mengerjakan suatu kegiatan dan kronologi suatu sistem.

Contoh: 

Praktik penelitian sosial, dan lain sebagainya.

5. Nilai atau Sikap


Adalah hasil belajar aspek sikap, seperti nilai kejujuran, kasih sayang, tolong-menolong, semangat dan minat belajar, dan bekerja, dan lain-lain.

Contoh:

Penerapan sosiologi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk sikap toleransi dalam menghadapi fenomena sosial yang cukup beragam.
Comments


EmoticonEmoticon