Saturday, December 15, 2018

Pengertian Colocation Server dan Manfaatnya


Baca Juga:

Kumpulan Artikel Informatif Terbaru

Pengertian Colocation Server dan Manfaatnya
Bagi sebagian orang, sepertinya mereka sudah tidak asing dengan yang namanya web hosting. Namun, jika mendengar tentang Colocation Server, mungkin mereka masih agak asing bagi mereka.

Apa itu Colocation Server?


Seperti diketahui, tipe hosting itu ada banyak sekali mulai shared hosting, cloud hosting, cloud VPS, dedicated server, dan ada juga colocation server.

Pengertian Colocation Server


Colocation Server adalah tempat yang menyediakan layanan untuk menyimpan atau menitipkan server di Data Center yang memiliki standar keamanan fisik dan infrastuktur, seperti stabilitas arus listrik, UPS, flooring, power generator, air temperature control, kestabilan akses internet, CCTV dan personnel security yang akan bekerja setiap hari dalam memantau Server Anda. Biasanya server ini disimpan dalam kabinet atau rak.

Colocation server memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya terletak di biaya, sementara kekurangannya adalah ketika terjadi kerusakan pada hardware yang mana pengguna mungkin harus menanggungnya sendiri.

Manfaat Colocation Server


Mengingat adanya banyak server yang harus dipersiapkan dan sejumlah infrastruktur yang tidak mudah ditata, maka tidak ada salahnya memanfaatkan layanan colocation server. Setelah mengenal apa itu colocation server, maka berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

  1. Seperti yang diketahui, membangun colocation sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Demikian pula dengan biaya bulanan yang harus dibayar seperti pembayaran bandwidth. Namun, jika memanfaatkan layanan colocation pada data center Anda tidak perlu khawatir dengan kwitansi bulanan yang harus dibayar.
  2. Manfaat lainnya yakni memberi tingkat keamanan mumpuni. Hal ini karena semua colocation pada umumnya menyediakan tempat terbaik. Sehingga data perusahaan Anda pun akan aman kerahasiaannya.
  3. Dengan menggunakan jasa layanan colocation, Anda tidak membutuhkan konstruksi dalam memilih colocation, karena sejumlah perusahaan besar senantiasa menggunakan colocation server yang dapat menambah rak dan bandwidth secara cepat dan mudah. Sehingga kebutuhan perusahaan bisa segera dipenuhi.

Apa perbedaan Colocation Server dengan Dedicated Server?


Colocation server berbeda dengan layanan dedicated server. Agar Anda bisa memahami perbedaan diantara keduanya, berikut ini pengertian dedicated server.

Dedicated server merupakan sebuah layanan server yang sangat pas untuk di aplikasikan pada perusahaan besar dimana perusahaan tersebut membutuhkan space data server yang besar pula. Sebuah perusahaan berskala besar biasanya memiliki kunjungan dan data dalam jumlah yang besar sehingga akan membutuhkan server yang khusus. Seperti halnya collocation server, sebuah dedicated server juga memiliki  control penuh terhadap server yang ada, seperti control panel, memilih sistem operasi yang akan digunakan, menentukan besarnya bandwidth dan lain sebagainya.

Bedanya dengan Colocation Server, dedicated server merupakan sebuah server yang dibeli dengan cara menyewa sebuah server khusus atau hardware untuk digunakan secara pribadi oleh perusahaan atau organisasi. Pengguna dedicated server tidak akan shared dengan pengguna lain. Biasanya dalam sebuah paket penyewaan dedicated server terdapat bandwidth serta pilihan apakah penyewa ingin melakukan penyewaan staff dari tempat pengguna menyewa server tersebut atau yang bersangkutan ingin mengatur semuanya sendiri.
Comments


EmoticonEmoticon