Contoh Naskah Berita Singkat

Menyinggung tentang jenis-jenis naskah, sebenarnya ada berbagai macam jenis naskah, dan salah satunya adalah naskah berita. Naskah berita sendiri terbagi menjadi sekian macam, mulai naskah berita tv, naskah berita radio, hingga naskah berita koran.


Naskah Berita Singkat


Kali ini saya ingin berbagi contoh naskah berita singkat atau naskah berita pendek yang diharapkan akan berguna bagi sahabat pembaca. Berikut ini contoh naskah berita singkat yang diharapkan bisa memberikan inspirasi untuk Anda.

Contoh Naskah Berita 1


PEMBUKAAN : 

Selamat pagi pemirsa, kembali bersama saya Anita Indrawati  dan rekan saya Dewa di acara Seputar Nusanara, untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual tajam dan terpercaya, yang kami rangkum dalam Seputar Nusantara pagi ini.

ISI :

Kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru
Kebakaran terjadi di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) membuat panik pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka.
Api menghanguskan kios dan toko pedagang di lantai dasar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam.
Untuk memadamkan api petugas berusaha menembus ruangan yang terbakar di lantai dasar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru.

PENUTUP :

Berita tadi menutup acara Seputar Indonesia pagi ini. Saya Anita Indrawati dan rekan saya Dewa mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Contoh Naskah Berita 2


PEMBUKAAN :

Selamat pagi pemirsa, kembali bersama saya Wiwin Utami di acara Seputar Indonesia, untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual tajam dan terpercaya, yang kami rangkum dalam Seputar Indonesia pagi ini.

ISI :

Peserta SBMPTN Naik Signifikan, Mayoritas Siswa Sudah Melek Teknologi
Pada hari selasa, 17 Januari 2017, Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 Ravik Karsidi mengatakan, kuota SBMPTN Computer Based Test (CBT) tahun ini meningkat tajam tidak lepas dari pola pikir mayoritas siswa yang sudah melek teknologi.

Hal ini,katanya, dibuktikan dari tingginya permintaan CBT tahun lalu sementara panitia belum siap dari segi sarana prasarana. Ravik menerangkan, keuntungan CBT ialah lebih cepat dan dari sisi kerahasiaan juga lebih terjaga 

PENUTUP :

Berita tadi menutup acara Seputar Indonesia pagi ini. Saya Wiwin Utami mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Contoh Naskah Berita 3

Cuaca Ekstrem, Makasar Waspada Bencana hingga Februari 2019

PEMBUKAAN :

Selamat pagi pemirsa, kembali bersama ssaya nawang utari di acara Seputar Indonesia, untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual tajam dan terpercaya, yang kami rangkum dalam Seputar Indonesia pagi ini.

ISI :

Daerah Istimewa Makasar masih siaga terhadap kejadian akibat cuaca ekstrem. Manajer Pusdalop BPBD Sulawesi Selatan Danang Samsu Rizal mengatakan kesiapsiagaan ini untuk mengantisipasi terjadinya bencana akibat cuaca ekstrem pada Januari dan Februari 2017.

Namun, Danang menyatakan kesiapsiagaan tersebut akan diterapkan hingga Februari mendatang. Sebab, jika menyelisik kondisi tahun lalu, bencana alam masih terjadi pada Februari.

PENUTUP :

Berita tadi menutup acara Seputar Indonesia pagi ini. Saya Nawang utaru mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Contoh Naskah Berita Koran


Pemerintah Bertekad Lahirkan Lulusan SMK Berdaya Saing Global

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani‎ menyatakan, pemerintah akan merumuskan kembali kurikulum dan rasio perbandingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan politeknik dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya, agar lulusan SMA dan politeknik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
Selain itu, pemerintah memang tengah bertekad untuk menciptakan pekerja yang profesional dan memiliki kompetensi mumpuni dalam menghadapi persaingan global saat ini.

"Selain masalah pendidikan umum, politeknik dan akademi serta sekolah kejuruan akan kita tingkatkan kompetensinya. Ini supaya kita bisa menciptakan anak-anak Indonesia yang bisa bekerja secara profesional dan berdaya saing, diakui standarnya oleh negara-negara lain," kata Puan ‎usai memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasional di Kantor Kementerian PMK, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Ia menjelaskan, pembicaraan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan SMK dan politeknik sebenarnya sudah berlangsung beberapa kali dengan melibatkan tiga kementerian koordinator di lingkup Kabinet Kerja, yakni Menko Perekoniomian, Menko Maritim dan Menko PMK.

"Sekarang kami targetkan semua halnya bisa berjalan secara efektif dalam 4-5 bulan ke depan," jelas Puan.

Puan menuturkan, ada dua hal yang dilakukan dalam revitalisasi pendidikan vokasional, yakni pendidikan dan pelatihan. Untuk pendidikan bisa dilakukan di sekolah-sekolah SMK dan politeknik, sementara pelatihan berupa kursus atau training yang sesuai dengan kebutuhan riil dunia usaha.

"Selain sekolah, sebenarnya lembaga pelatihan sudah dimiliki oleh pemerintah selama ini," ujar dia.

Namun, ke depan yang dibutuhkan adalah percepatannya dan bagaimana dunia usaha bisa menyatu di dalamnya. Hal ini hanya bisa terjadi kalau kurikulum diubah atau disesuaikan dan standar kompetensi serta disiapkan secara matang dan terencana.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

Penutup

Demikian beberapa contoh naskah berita, baik untuk naskah berita televisi, maupun naskah berita koran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Contoh Naskah Berita Singkat
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Naskah Berita Singkat ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

0 Response to "Contoh Naskah Berita Singkat"

Post a Comment

close