Sistem Pendidikan Finlandia

Sistem pendidikan Finlandia merupakan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Berbeda dengan Indonesia, sistem pendidikan di dalam negeri terbilang masih cukup buruk. Masih diperlukan banyak pembenahan sehingga bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Kurikulum pendidikan di Finlandia patut menjadi acuan banyak negara, tidak terkecuali negara-negara di Asia, seperti Indonesia. Dibandingkan Singapura saja, sistem pendidikan Indonesia masih kalah jauh dari negeri tetangga tersebut.

Kemajuan Finlandia tidak lepas dari peran pemerintahnya yang secara serius ikut serta dalam memajukan sistem pendidikan negara kecil yang terletak di benua Eropah itu. Tidak heran jika Finlandia masuk kedalam 10 besar sistem pendidikan terbaik dunia berdasarkan penilaian OECD.

Anda penasaran bukan bagaimana sistem pendidikan di Finlandia ini sehingga dikategorikan sebagai sistem pendidikan terbaik di dunia? Simak ulasan dibawah ini yang membedakan sistem pendidikan Indonesia dan Finlandia.

1. Anak-anak di Finlandia tak diperkenankan masuk sekolah dasar kalau umur mereka belum genap 7 tahun. 

Sedangkan di Indonesia, beberapa sekolah membolehkan anak belum genap usia 7 tahun –bahkan 6 tahun - masuk sekolah dasar. Dengan usia yang belum matang betul untuk mengenyam pendidikan di sekolah dasar, anak akan jenuh dan cenderung tak optimal mengenyam pendidikan.

2. Setiap 45 Menit Belajar Siswa Berhak Mendapatkan 15 Menit Waktu Istirahat

Inilah yang unik dari sistem belajar di Finlandia. Setelah pembelajaran selama 45 menit berakhir, maka siswa berhak untuk mendapatkan waktu 15 menit untuk istirahat.

Mereka beranggapan bahwa kemampuan terbaik siswa untuk bisa membangun fokus dan menyerap ilmu baru akan datang jika ada kesempatan untuk mengistirahatkan otak.Dan waktu belajar di sekolah Finlandia tidak lebih dari 5 jam sehari.

3. Tak seperti di Indonesia, di Finlandia, anak tak diukur dari 6 tahun pertama mereka mengenyam bangku pendidikan.

Di Indonesia, 6 tahun pertama anak bersekolah, yakni di sekolah dasar, mereka sudah dinilai. Nilai mereka dianggap mempengaruhi prestasi.

4. Semua Sekolah Negeri Bebas Biaya dan Sekolah Swasta Diatur Secara Ketat Supaya Tetap Terjangkau
Di Finlandia tidak perlu pusing mencari sekolah, karena disana semua sekolah berkualitas. Tidak ada kompetisi antar sekolah sehingga tidak ada istilah sekolah terbaik.

Semua sekolah negeri gratis dan sekolah swasta pun diatur secara ketat oleh pemerintah supaya biayanya terjangkau dan tidak membebankan.

Bukan hanya biaya pendidikannya saja yang gratis, tetapi pemerintah Finlandia pun menyediakan transpotasi sekolah, makan siang dan biaya kesehatan gratis juga.

5. Hanya ada satu tes standar wajib di Finlandia, yakni ketika mereka berusia 16 tahun.

6. Semua anak, pintar atau tidak, belajar di kelas yang sama.

Di Indonesia, ada kelas akselerasi, ada kelas regular, ada juga kelas internasional. Kelas seakan menjadi jurang.

7. 13. Guru hanya menghabiskan 4 jam di kelas. Sementara itu, 2 jam seminggu guru memperoleh pendidikan pengembangan profesi.

Di Indonesia, guru 48 jam di kelas.

8. Biaya sekolah 100 persen didanai negara.

Di Indonesia, anggaran untuk Kementerian Pendidikan dipotong.

9. Tidak Ada Ujian Nasional

Tidak ada UN di Finlandia, karena pemerintah percaya bahwa guru lebih paham tentang kurikulum dan cara terbaik menilai murid-muridnya.

Karena sistem pendidikan yang fleksibel inilah sehingga guru bisa mengembangkan potensi siswa-siswinya secara maksimal.

10. Tidak Ada Sistem Ranking Atau Peringkat di Sekolah

Tidak ada sistem ranking artinya tidak ada kompetisi antar siswa. Sehingga tidak menimbulkan diskriminasi antara siswa pintar dan kurang pintar. Mereka yakin bahwa semua siswa seharusnya mendapat ranking satu.

Itulah resep rahasia kenapa negara kecil di Eropa ini masuk dalam salah satu negara dengan peringkat sistem pendidikan terbaik dunia.

Mungkin negara kita tidak sepenuhnya bisa meniru sistem pendidikan negara lain.

Tapi setidaknya ini bisa menjadi perbandingan dan pembelajaran antara sistem pendidikan di Indonesia dan sistem pendidikan negara yang mendapat predikat terbaik dunia.

Nah, itulah beberapa inovasi dari sistem pendidikan Finlandia. Jika dibandingkan dengan Indonesia, ternyata ada perbedaan yang sangat mencolok, bukan?
loading...
teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Sistem Pendidikan Finlandia
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Sistem Pendidikan Finlandia ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

0 Response to "Sistem Pendidikan Finlandia"

Post a Comment

close