Contoh Teks Pembawa Acara

Contoh naskah pembawa acara dapat Anda jadikan sebagai referensi berguna apabila Anda mendapat kesempatan untuk menjadi seorang MC dan disisi lain Anda masih gugup lantaran merupakan pengalaman pertama kalinya mendapatkan kepercayaan tersebut. Tenang saja, pada kolom ini saya akan memaparkan secara detail tentang teks MC beserta tata-cara serta tips untuk menjadi MC.

Agar Anda semakin paham dengan lingkup MC ini, maka ada baiknya saya kupas secara menyeluruh hal-hal yang berkaitan dengan MC atau pembawa acara, mulai definisinya, tugas-tugasnya, hingga hal-hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum Anda berdiri dihadapan banyak orang dengan menyandang status sebagai seorang MC.

Pengertian MC


MC adalah singkatan dari Master of Ceremony. MC artinya: penguasa acara, pembawa acara, atau pemandu acara. Jika dua kata tersebut dipisah, maka Master = penguasa / ahli. 
Ceremony = Acara.

MC merupakan seni membawakan acara dengan bahasa lisan yang efektif dan vocal yang jelas (intonasi, speed, asentuasi atau penekanan kalimat, dan artikulasi atau pengucapan kata dan kalimat) yang didukung oleh penggunaan bahasa lisan maupun tulisan dan bahasa tubuh (gestural). Ada jugga yang beropini bahwa MC adalah seorang seniman kata-kata dan seniman bahasa tubuh.

Tugas MC


Tugas MC adalah memandu suatu rentetan acara secara secara teratur, mulai dari pembukaan hingga penutupan. Kemampuan MC akan sangat menentukan apakah sebuah acara akan berlangsung dengan sukses ataukah sebaliknya.

Oleh sebab itu, maka seorang MC harus benar-benar menguasai seluruh aspek yang akan mempengaruhi kelancaran suatu acara pada saat ia memandu acara tersebut. Dengan kondisi tersebut, maka bisa dibilang, bahwa MC adalah produser atau sutradara pada sebuah acara.

Tugas-tugas MC adalah memastikan suatu acara dapat terlaksana dengan lancar, tepat waktu, meriah, berkesan, dan sesuai dengan susunan acara. Adapun tugas dan peran penting pembawa acara biasanya diringkas dalam istilah TIM, yaitu Time, Introducer, Mood Setter.

Tips Menjadi MC


Dengan tugas-tugas MC sebagaimana diulas diatas, maka Anda membutuhkan persiapan. Dan berikut ini beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan untuk menjadi seorang MC sukses:

  • Perbanyak pengetahuan yang berkaitan dengan acara yang akan Anda pandu
  • Memiliki kepercayaan diri yang cukup wajib hukumnya  
  • Memiliki kemampuan mengelola
  • Harus pintar beradaptasi 
  • Kedepankan nilai etika

  • Memiliki kemampuan mengolah suara yang baik 
  • Menguasai bahasa dengan cukup baik 
  • Memilki wawasan serta pengetahuan yang luas 
  • Memiliki bahasa tubuh (gestural) yang baik
  • Wajib berpenampilan rapi

Contoh Teks MC


Berikut ini adalah salah satu contoh naskah MC yang bisa Anda pelajari sebelum Anda benar-benar menjadi seorang MC.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang kami hormati ....................
Yang kami hormati Bapak/Ibu Guru dan segenap Karyawan .................
dan yang kami cintai teman-teman sekalian

Pertama-tama, pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan rasa puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nnya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita dapat melangsungkan acara pelepasan  Siswa-Siswi kelas XII SMK ........... tahun ajaran 2016/2017. Kedua kalinya, shalawat serta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW.

Para hadirin yang berbahagia ...

Saya yang berdiri dihadapan Anda sekalian dalam hal ini memiliki sebuah tugas yang tidak lain tidak bukan adalah untuk memandu keberlangsungan acara pada pagi hari ini. Perkenankanlah saya  selaku pembawa acara, untuk membacakan susunan acara sebagai berikut :

1. Pembukaan
2. Sambutan oleh:
    Kepala Sekolah SMK 1 ..........
    Perwakilan siswa kelas XII
    Perwakilan siswa kelas XI
3. Penerimaan hadiah untuk siswa berprestasi
4. Hiburan dan PENSI siswa siswi SMK 1 ..........
5. Pembacaan  Puisi
6. Seni Teater
7. Do'a
8. Penutup

Sebagai catatan, contoh naskah pembawa acara diatas adalah untuk acara pelepasan siswa sekolah. Tentunya jenis-jenis acara itu ada banyak sekali, dan gaya penyampaiannya juga bisa berbeda-beda.
loading...
teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Contoh Teks Pembawa Acara
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Teks Pembawa Acara ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

0 Response to "Contoh Teks Pembawa Acara"

Post a Comment

close