Contoh Pidato Perpisahan Yang Berkesan

Sulitkah menyampaikan sebuah pidato di khlayak ramai? Jawabannya tentu saja bergantung pada tingkat kesiapan Anda dalam menyampaikan pidato tersebut. Jika Anda merasa siap, paham dengan materi yang akan Anda sampaikan, memiliki obsesi terhadap topik yang akan Anda sampaikan, maka pidato Anda akan berjalan dengan sangat lancar serta berkesan.

Salah satu pidato yang sering diperdengarkan adalah pidato perpisahan yang pada umumnya berupa pidato perpisahan sekolah, baik sekolah tingkat SD, SMP, SMA maupun level pendidikan sederajat. Menyampaikan pidato perpisahan sekolah ini sebenarnya sangat mudah, namun seperti dijelaskan diatas bahwa hal tersebut tergantung tingkat kesiapan Anda.

Sebagai referensi, berikut ini saya ulas beberapa contoh naskah pidato perpisahan yang bisa Anda pelajari.

Pidato Perpisahan SMA


Pembukaan Pidato Perpisahan SMA :

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru SMAN Losari.

Teman teman kelas 12 angkatan (....) khususnya teman teman 12 IPS 3 yang saya sayangi.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa karena pada hari yang indah dan cerah ini kita semua dapat berkumpul untuk merayakan “Kelulusan dan Perpisahan Murid SMAN Losari.

Kedua, terima kasih kepada panitia yang telah mengizinkan saya untuk berdiri di sini menyampaikan salam perpisahan di depan hadirin sekalian.

Ketiga, selamat bagi kita semua! Kita telah berhasil lulus akhirnya. Hari-hari penuh ujian yang sangat begitu menegangkan kini sudah berakhir. Kita bukan anak SMA lagi. Kita kan meninggalkan sekolah ini dan berpisah.

Isi Pidato Perpisahan SMA :
Perpisahan, setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan dari kita pasti baru bertemu dan berteamna akrab saat bersekolah di sini. Mungkin juga ada yang sudah berteman sejak SMP, atau sejak SD. Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah kita jalin selama tiga tahun ini dapat bertahan selamanya, tak tergoyahkan oleh apapun.

Namun tidak dapat kita ingkari bahwa seiring dengan berjalannya kehidupan kita, seiring dengan datanya hal-hal baru nanti seperti kuliah, kerja, menikah, juga seiring dengan datanya orang orang baru, teman baru, cowok baru, cewek baru, perpisahan memang hal yang lumrah terjadi.

Mungkin di antara kita ada yang merasa bergairah mengalami perpisahan karena yang ia tunggu selama ini adalah hal-hal baru yang terlihat lebih menyenangkan dibanding hal-hal yang membosankan di sini. Akan tetapi, mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena telah mengalami banyak hal menyenangkan di sini dan mempunyai banyak kenangan indah.

Teman-teman yang saya cintai, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tadk dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena telah menyia-nyiakan masa SMA kita tanpa mengalami satu pun hal berharga. Maka buatlah kenangan sebanyak-banyaknya. Lakukan apa yang ingin kita lakukan. Katakan lah apa yang ingin kita katakan. Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar untuk lebih santai. Katakanlah kepada cewek-cewek berisik yang merasa sok cantik dan populer bahwa otak lebih penting dibanding penampilan. Katakanlah kepada cowok cowok cupu di sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yagn kita cinta bahwa kita memang mencintainya. It is now or Never, friends! Come on! As time goes by, memory remains. Seiring berjalannya waktu, hanya kenanganlah yang tersisa.

Penutup Pidato :
Terakhir, saya kutip dari film cinta pertama yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Benjamin Josua bahwa memang pertemuan tidak ada yang abadi. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi.

Jangan lupakan setiap hal berharga yang telah kita alami selama bersekolah tiga tahun di sini. Simpanlah kenangan itu dalam hati kita smua.

Selamat berpisah! Selamat karena telah menjadi bukan anak SMA lagi. Jagalah diri kalian yang kuliah jauh dari orang tua.

Sekian yang saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah kata.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak Kepala Sekolah, para guru dan para orang tua murid yang kami hormati, dan teman-temanku serta adik-adik kelas yang tercinta. Marilah pertama-pertama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkat dan perlindungan-Nya pada sore ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan perpisahan.

Kami berdiri disini untuk mewakili teman-teman kelas enam, untuk menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua murid untuk hadir dalam acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala Sekolah dan para guru yang telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun. Tentu saja para guru yang selama enam tahun telah mendidik kami, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan oleh karena sikap kami. Tetapi, para guru tetap sabar dan tidak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.

Pada kesempatan ini pula, kami mohon maaf sekiranya dalam kurun waktu enam tahun ini banyak perbuatan kami, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka kami mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi kami.

Kami juga berpesan pada adik-adik kelas kami, semoga sepeninggal kami, kalian tetap tekun dan rajin belajar. Contohlah yang baik dari kami, dan buanglah jauh-jauh contoh yang kurang baik dari kami.

Pada kesempatan ini pula, kami mohon pamit dan mohon doa restu dari para guru, agar kami dapat melanjutkan ke SMP yang kami pilih. Kami berjanji di SMP nanti akan tekun belajar untuk membawa nama baik asal sekolah kami ini.

Akhirnya, cukup sekian yang kami sampaikan, dan mohon maaf jika ada kata-kata yang kami ucapkan, kurang berkenan di hati Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan hadirin semuanya. Terima Kasih.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato SD


Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil ‘alamin,
Waasholatuashalamu’ala ashrofil ‘ambiyaiwalmursalin
Waa’ala alihi wasohbihi ajma’in. Ammaba’du

Yang kami hormati –
–    Bapak kepala sekolah SD Al-Qiro’ah beserta majlis guru
–    Bapak kepala desa Sesap atau yang mewakili beserta staf aparatur pemerintahannya
–    Bapak ibu wali murid yang hadir
–    Dan teman-teman yang di rahmati Allah

Puji syukur kehadirat Allah swt zat yang memberikan kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa dihitung dan dibandingkan dengan hal lain. Dialah Allah yang telah memberikan kita nikmatnya iman dan indahnya Islam, dan Allah juga yang memberikan nikmatnya sebuah pertemuan dan perpisahan.
Shalawat dan salam marilah senantiasa kita hadiahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw. Suri tauladan umat yang telah mengajarkan umatnya kebaikan dengan keteladanan nya, beliaulah yang telah mengajarkan arti tanggung jawab dan mengajarkan kewajiban kepada kita semua, sehingga kita sebagai umatnya selalu ingin menjadi umat terbaik sepanjang zaman.

Bapak ibu guru yang di rahmati Allah
Mungkin…
Ini adalah hari terakhir kami di sini setelah enam tahun bersama. Tapi itu bukan berarti kami akan melupakan segala jasa-jasa mu dalam menunjuk ajari kami hingga detik ini. Begitu banyak hal yang sudah guru berikan untuk kami, tidak hanya ilmu, bahkan waktu sengaja engkau berikan untuk kami agar hidup kami lebih berarti.

Bapak dan ibu guru
Kami di sini ingin mengucapkan terima kasih atas apa yang telah Bapak dan Ibu guru berikan kepada kami. Semoga semua yang bapak Ibu guru berikan akan dicatat sebagai amal kebaikan dan amal ibadah di sisi Allah swt. Amin,
Bapak dan Ibu guru,
Pada kesempatan kali ini kami semua memohon maaf apabila selama ini tingkah laku kami secara sengaja maupun tidak sengaja telah melukai hati dan membuat bapak dan ibu guru  marah. Kami berharap bapak dan Ibu guru sudi untuk memaafkan kami.

Untuk adik-adikku,
Disini kami sebagai kakak-kakak yang akan meninggalkanmu di sekolah tercinta ini ingin berpesan, belajarlah dengan baik, tuntut lah ilmu jangan sampai kalian merasa bosan dengan ilmu yang kalian cari, dan janganlah lupa untuk selalu  menghrmati dan patuh kepada Bapak dan Ibu guru.
Untuk orang tua kami,
Terima kasih, karena telah mengantarkan kami di sini, SD Al-Qiro’ah. Sekolah yang megajarkan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan bekal di akhirat. Yang isnyaAllah bisa menjadi penuntun jalan hidup ini.
Bapak, Ibu guru, teman-teman dan orang tua kami.

Hati gembira bersama teman
bersuka ria di bawah jambatan
jikalau kita diizinkan
Tuhan pasti bertemu dihari kemudian

Kiranya cukup sampai disini saja, dan saya akhiri dengan Wabillahitaufk walhidayah. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pidato Perpisahan SMP


Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera

Yang terhormat kepala sekolah NAMA SMP
Yang kami hormati guru-guru sekalian
Yang berbahagia, orang tua siswa NAMA SMP
Dan teman-teman yang saya cintai

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang berkenan atas waktu dan kesempatan ini, sehingga kita dapat hadir di tempat ini di acara perpisahan kelas 9 NAMA SMP tahun ajaran 2009/2010 pada pagi ini

Saya mewakili teman-teman menyadari bahwa selama kami menjadi siswa di NAMA SMP ini pernah membuat guru menjadi kesal, kecewa, sedih, ataupun marah. Oleh karena itu kami menghaturkan permohonan maaf yang tulus dari hati bapak/ibu guru

Pada kesempatan ini juga saya mewakili teman-teman mohon maaf pada bapak ibu, ayah bunda kami, atas kesalahan kami baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja

Saya dan teman-teman, berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu guru dan juga ayah bunda yang telah mendidik kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi

Untuk teman-teman tercinta, selama 3 tahun lamanya kita bersama, tentunya ada rasa suka maupun duka yang datang menhampiri dalam menuntut ilmu. Semua itu tak bakal dilupakan begitu saja

Saya ucapkan selamat berpisah, dan selamat melanjuntkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya

Sukses untuk terus maju meraih cita. Semoga NAMA SMP selalu jaya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Assalamualiakum.Wr.Wb

Yang terhormat kepala (sekolahmu)(kotamu),
Yang kami hormati Bapak/Ibu Guru serta staf karyawan Tata Usaha Dan tak lupa teman-teman yang saya banggakan dari kelas VII-IX
Puji syukur kehadirat Allah SWT,yang telah
melimpahkan rahmat serta hidayahnya
kepada kita,sehingga kita dapat berkumpul
dalam acara Perpisahan kelas 9 (Sekolahmu) tahun pelajaran {angkatanmu(2010-2011)}
Pada kesempatan kali ini saya
selaku perwakilan kelas IX mengucapkan
terimakasih kepada panitia perpisahan
yang telah mempersiapkan acara ini. Kami
kelas IX yang sudah tiga tahun berada di
bangku sekolah ini,apabila banyak tutur
kata yang kurang sopan,bandel,dan sukar
diatur kami meminta maaf kepada Bapak/
Ibu Guru yang selalu membimbing kami
dengan penuh kesabaran.
Semoga bernilai ibadah dan mendapat balasan yang mulia dari Allah SWT.

Adik-adiku kelas VII dan VIII yang kami
sayangi,kami meminta maaf apabila dalam
bergaul mungkin banyak kesalahan baik
yang di sengaja maupun tidak.Adik-
adiku,kami selaku kakak kalian hanya
berpesan selalu jaga nama baik
sekolah,contohlah kakak-kakakmu ini yang
baik dan tinggalkan yang jelek.Bapak/Ibu
Guru,kami akan berusaha menjaga nama
baik sekolah ini walaupun kami jauh kami
akan selalu mengenang Almamater
kita.Dan kami semua bangga menjadi siswa
(Sekolah kamu) .Semoga diwaktu yang
akan datang (Sekolahmu) makin
baik ,meningkat prestasinya semoga
menjadi sekolah favorit di lingkungan
(Tempat Kamu)

Tak terasa waktu begitu cepat berputar,dan cepat sekali kami harus berpisah dan meninggalkan sekolah ini.Tidak ada kata-kata lain,selain biarpun kami nanti jauh dimata tapi tetap dekat di hati. Hanya ini yang dapat saya sampaikan apabila ada kekurangan saya meminta maaf.
loading...
teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Contoh Pidato Perpisahan Yang Berkesan
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Pidato Perpisahan Yang Berkesan ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

0 Response to "Contoh Pidato Perpisahan Yang Berkesan"

Post a Comment

close