Contoh Pidato Tentang Perjuangan

Berbagai macam tema pidato mendidik dapat disampaikan pada suatu acara atau agdenda, khususnya pada agenda yang memiliki nuansa pendidikan, seperti acara di sekolahan atau lembaga pendidikan lainnya. Nah, dari sekian banyak tema pidato yang sering kita dengar diantaranya adalah pidato seputar perjuangan.

Bagi sahabat pembaca yang barangkali sedang membutuhkan referensi contoh pidato tentang perjuangan, kali ini saya akan mencoba berbagi contoh naskah pidato singkat tema seputar perjuangan. Semoga naskah pidato singkat yang menceritakan tentang perjuangan berikut ini bermanfaat bagi Anda semua.

Contoh Pidato Tentang Perjuangan


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kita kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan segenap rahmat-Nya sehinga kita masih diberikan kesehatan sehingga pada momentum berbahagian ini kita bisa hadir untuk mengikuti agenda yang InsyaAllah barokah ini.

Kedua kalinya, sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad S.A.W yang telah memperjuangkan ummat manusia dari jaman gelap menuju jaman teranng-benderang. Dibawah ajaran Islam, kita semua InsyaAllah akan menjadi manusia yang diberkahi dunia dan akhirat, Amin.

Para hadirin yang saya cintai..

Pada dasarnya, setiap manusia dituntut untuk memiliki jiwa yang besar. Dengan jiwa yang besar, kita dapat merealisasikan segala sesuatu yang sebenarnya terlihat sulit.

Hadirin dan hadirat yang saya hormati..

Melalu perjuangan yang sangat panjang, bangsa ini menjadi sebuah bangsa yang bermartabat. Sosok-sosok pahlawan bangsa yang sudah gugur di medan pertempuran dalam memperjuangkan hak-hak bangsa harus senantiasa kita kenang dan kita jadikan sebagai motivasi untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Para hadirin yang saya muliakan..

Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini tidak lain adalah hasil perjuangan para pahlawan rakyat Indonesia. Mereka berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi hingga akhirnya kita semua terbebas dari penindasan para penjajah.

Mereka (para pahlawan bangsa) mempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi, dan nilai semangat tinggi inilah yang harus selalu kita tanamkan dalam diri kita semua.

Tanpa semangat perjuangan yang tinggi, pastinya kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini sebagaimana yang sudah terjadi selama ratusan satuh silam kala Belanda masih menguasai negeri tercinta ini.

Bapak/ibu para hadirin yang saya cintai..

Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa diberikan makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa. Peristiwa tersebut merupakan catatan kelam bagi bangsa yang besar ini.

Berkat perjuangan para Pahlawan, pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan, yang selalu kita peringati setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menghargai jasa-jasa mereka yang sungguh tak ternilai pengorbanannya. Marilah selalu kita kenang darah dan keringatnya demi memperjuangkan hak bangsa.

Saudara-saudariku sekalian..

Semangat rela berkorban para pejuang yang begitu besar itu patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada Allah karena telah dapat menghirup udara kemerdekaan. Berkat para pejuanglah, negara ini terbebas dari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa agar amal ibadah para pahlawan yang telah berjasa tersebut diterima oleh Allah S.W.T.

Sebuah pepatah mengatakan "Negara besar adalah negara yang menghargai jasa para pahlawan-nya". Oleh karena itu, mari kita hadikan Negara ini menjadi Negara Besar dengan senantiasa bersikap apresiatif terhadap jasa-jasa para pahlawan republik Indonesia.

Bapak/ibu dan para hadirin yang saya hormati..

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga ada nilai manfaat yang bisa kita peroleh, Amin.

Cukup sampai di sini yang dapat saya sampaikan, semoga bangsa Indonesia senantiasa dikaruniai kemerdekaan dan persatuan serta perlindungan dari Allah S.W.T.

Terima kasih atas perhatiannya, jika ada kurang lebihnya dari hati yang  terdalam saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Demikian contoh pidato pendek tentang perjuangan. Semoga apa yang saya paparkan pada kolom posting ini dapat memberikan nilai manfaat terhadap para pembaca, Amin.

teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Contoh Pidato Tentang Perjuangan
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Pidato Tentang Perjuangan ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

0 Response to "Contoh Pidato Tentang Perjuangan"

Post a Comment