Tips Memilih Jurusan Kuliah

Bagaimana cara memilih fakultas kuliah yang tepat?

Memilih jurusan kuliah sejatinya merupakan hal yang sangat prioritas, oleh karenanya amat penting bagi Anda untuk melakukan pertimbangan secara matang sebelum membuat keputusan. Memilih juruan kuliah berbeda dengan memilih fahion baju, dimana jika dirasa tidak cocok kita dapat dengan mudah menggantinya.

Ada sejumlah faktor pertimbangan penting dalam menentukan pilihan fakultas atau jurusan agar jurusan yang kita pilih nantinya benar-benar pilihan yang tepat utuk kita. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih jurusan kuliah.

Faktor ketertarikan
Pilihlah fakultas yang terkait dengan bisang ketertarikan Anda, misalkan telematika, bahasa, atau yang lainnya. Jika Anda memilih jurusan berdasarkan bidang ketertarikan Anda biasanya Anda akan merasa lebih terobsesi dan memiliki semangan belajar yang tinggi.

Faktor masa depan
Lihat kedepan, apa yang bisa Anda lakukan dengan jurusan yang Anda pilih. Apakah nantinya ilmu yang Anda kuasai merujuk pada fakultas yang Anda pilih akan banyak membantu Anda dimasa mendatang, misalkan untuk mencari pekerjaan, pensejahteraan diri, dst.

Faktor kemampuan
Anda harus bisa mengukur kuantitas pemikiran atau IQ Anda. Hal ini sangat penting, dan sebaiknya Anda tidak memilih jurusan kuliah hanya karena pertimbangan trend. Anda harus menyesuaikan dengan daya jangkau kecerdasan Anda agar nantinya Anda tidak merasa kesulitan saat mengikuti kegiatan belajar-mengajar di kampus.

Faktor ekonomi
Agar tidak mengganggu program belajar Anda, pilihlah kampus dengan biaya yang realistis dengan keadaan finansial Anda.

Faktor reputasi perguruan tinggi
Ini merupakan salah satu pertimbangan terpenting dalam menentukan jurusan kuliah. Selain faktor reputasi kampus secara keseluruhan, sebaiknya Anda memilih jurusan yang sudah diakreditasi dikampus bersangkutan.


teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Tips Memilih Jurusan Kuliah
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Tips Memilih Jurusan Kuliah ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.