Strategi Advokasi

Artikel ini merupakan artikel susualan dari artikel sebelumnya, yaitu pengertian advokasi secara umum berdasarkan pendapat para ahli dibidang advokasi. Kali ini saya ingin membahas tentang strategi advokasi yang barangkali bagi sebagian sehabat pembaca masih dirasa cukup asing dan ingin menambah wawasan tentang ilmu advokasi.

Dalam dunia advokasi tentunya ia terdapat banyak variant dan dibedakan menjadi sekian banyak jenis. Seperti yang saya bahas pada posting sebelumnya, bahwa kesehatan adalah salah satu jenis advokasi yang cukup familiar bagi kalangan masyarakat, baik bagi mereka yang memiliki basic dibidang ilmu hukum, maupun bagi mereka yang masih awam tentang perkara hukum.

Adapun strategi advokasi yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah strategi advokasi bermuatan sosial, yaitu strategi advokasi bermasyarakat.

Pemberdayaan masyarakat tidak lain adalah di rancang untuk memahami arti pokok dari konsep pemberdayaan sebagai kecenderungan  dalam konsep pembangunan secara berkelanjutan berwawasan lingkungan.

Secara kritis akan dibahas pokok-pokok pikiran yang menjadi dasar munculnya konsep pemberdayaan masyarakat dalam studi lingkungan hidup, hubungan kemitraan dan partisipasi diantara pemerintah dan masyarakat sipil, makna serta peran strategis pemberdayaan masyarakat dalam proses transformasi sosial lokal, regional, dan global.

Strategi pengembangan pemberdayaan masyarakat kawasan hutan, lindung, pantai, pertanian, kota.

Jika perencanaan dan pengelolaan sumber daya pantai dan lautan tidak dilakukan secara terorganisir, hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran sumberdaya tersebut akan rusak, bahkan terancam oleh kepunahan, sehingga tidak bisa dimanfaatkan untuk menopang keseimbangan pembangunan nasional dalam upaya untuk merealisasikan bangsa yang maju, adil, makmur, dan sejahtera.

Sektor pantai merupakan wilayah umum, oleh karena itu, membangun sebuah bangunan dengan kerangka beton untuk komersialisasi saja, bukan merupakan sebuah pilihan yang mendesak. Masih ada sekian banyak opsi lainnya, seperti menanam bakau serta bentuk-bentuk usaha proteksi lainnya yang akan memberi manfaat secara lebih luas lagi.

Demikian, sedikit wawasan tentang garis dasar strategi advokasi yang dapat saya share dengan Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini berguna bagi sahabat pembaca yang sedang mencari artikel tentang advokasi untuk memahami lebih lanjut tentang lingkup dunia advokasi.


teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Strategi Advokasi
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Strategi Advokasi ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.