Pengertian Advokasi

Advokasi atau dalam bahasa internasional (Inggris) dikenal dengan sebutan advocacyadalah suatu bentuk tindakan yang menjurus pada pembelaan, dukungan, atau suatu bentuk rekomendasi, yaitu dukungan aktif.

Berdasarkan penjelasan para ahli retorika, Advokasi adalah suatu bentuk upaya persuasi yang mencakup kegiatan penyadaran, rasionalisasi, argumentasi serta rekomendasi tindak lanjut mengenai suatu hal/kejadian.

Advokasi juga diartikan sebagai suatu bentuk usaha untuk mempengaruhi kebijakan publik dengan berbagai macam pola komunikasi persuasif. Definisi advokasi sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh para ahli dibidang ini memang sangat beragam.

Sementara itu, pengertian advokasi secara ringkasnya adalah sebuah upaya atau suatu proses untuk mendapatkan komitmen yang dalam hal ini di lakukan dengan cara persuasif yang menggunakan keakuratan dan ketepatan suatu informasi.

Dalam lingkup advokasi terdapat beberapa istilah yang sangat familiar dan merupakan bagian inti dari advokasi itu sendiri, yaitu valid information (input), free choice atau persuasive. Misalkan advokasi kesehatan, adalah advokasi yang dalam hal ini di lakukan guna mendapatkan komitmen di bidang kesehatan.

Dalam dunia hukum, istilah advokat memang sangat kental, karena sebagaimana dijelaskan diatas bahwa advokasi adalah bagian dari rangkaian hukum. Bagi orang-orang yang memiliki keahlian dibidang advokasi mereka dapat disebut sebagai seorang advokat.

Nah, itulah sedikit wawasan tentang definisi atau pengertian mendasar tentang Advokasi. Dengan membaca penjelasan diatas saya yakin Anda sudah mendapatkan sebuah gambaran apa fungsi dan sejauh mana advokasi itu dibutuhkan oleh manusia.

Berikut ini adalah beberapa artikel pendidikan yang mungkin sedang Anda butuhkan selain artikel tentang advokasi ini: contoh artikel pendidikan moral, fungsi pemerintah dalam melindungi kebebasan ummat beragama, dan contoh artikel sosial.

Demikian, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi sahabat pembaca yang sedang membutuhkan sebuah referensi tentang pengertian advokasi.


teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Pengertian Advokasi
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Pengertian Advokasi ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.