Contoh Karangan Argumentasi

Sebelumnya kita sudah berbagi contoh karangan deskripsi dan contoh karangan narasi, kali ini kita akan berbagi contoh karangan argumentasi?

Contoh Karangan Argumentasi


Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang menjelaskan pendapat dengan beragam info serta alasan. Kata-kata argumentatif yaitu kata yang bermakna alasan. Lantas paragraf atau karangan argumentatif yaitu satu karangan yang memberian serta tunjukkan alasan yang kuat untuk meyakinkan pembaca / seseorang. Dalam sistem paragraph argumentasi, penulis mengemukakan pendapat yang dibarengi dengan penjelasan serta alasan yang kuat dengan tujuan agar pembaca dapat dipengaruhi dengan apa yang pingin penulis berikan.

Tanda-tanda pargaraf argumentasi menurut pelajaran bahasa indonesia

menjelaskan pendapat penulis agar beberapa pembaca meyakini.
Membutuhkan sebagian fakta untuk pembuktian berbentuk data akurat, gambar/grafik, serta lain sebagainya
melacak serta mendapatkan sumber ide dari pengamatan, pengalaman, serta penelitian.
Penutup senantiasa diisi rangkuman.
Perumpamaan paragraf argumentasi sesungguhnya juga dapat dimasukkan ke dalam ekspositoris ( menjelaskan ). Paragraf argumentasi biasa juga dimaksud juga paragraf persuasi atau rayuan. Paragraf persuasi ini lebih berbentuk membujuk atau meyakinkan pembaca pada satu perihal atau objek. Umumnya, paragraf ini memakai perubahan kajian serta uraian.

Banyak hal yang perlu di perhatikan saat membuat karangan / paragraph argumentasi

berpikir dengan sehat, kritis, serta logis, dan tidak ngawur
melacak, menghimpun, menentukan fakta yang sesuai dengan tujuan serta tema, dan dapat merangkaikan untuk menunjukkan kepercayaan atau pendapat. Supaya pembaca dapat meyakini dengan apa tujuan kita
menghindari emosi serta unsur subjektif.
Memakai bahasa dengan baik serta benar, efisien, serta tidak menyebabkan salah penafsiran dari pembaca.

Paragraf argumentasi mempunyai dua pola pengembangan, sebab-akibat serta karena sebab

. Perumpamaan paragraf argumentasi karena ke akibat, yakni type pola pengembangan paragraf argumentasi yang berawal dari momen awal yang dikira sebagai pemicu, lantas menuju pada rangkuman yang berbentuk dampak atau akibat yang diakibatkan dari momen tersebut.
2. Perumpamaan paragraf argumentasi akibat ka karena, merupakan kebalikan dari pola pengembangan paragraf argumentasi yang pada mulanya. Paragraf ini diawali dari menjelaskan satu problem yang dikira sebagai akibat lantas bergerak menuju perihal yang dikira sebagai pemicu problem / momen tadi.
Perumpamaan paragraf argumentasi sebab-akibat

perumpamaan paragraf argumentasi 1
pendidikan merupakan di antara factor penentu maju mundurnya satu bangsa. Yaitu sesuatu fakta yang tidak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di indonesia yaitu pendidikan yang amat mahal serta tidak terjangkau untuk masyarakat tidak dapat. Pada tahun 2010 saja ada , 08 juta siswa sd sampai sma yang putus sekolah. Cost pendidikan yang mahal diperkirakan jadi karena tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut.
Perumpamaan paragraf argumentasi 2
kenaikan bbm ini amat meresahkan serta menyusahkan masyarakat, terlebih masyarakat kecil. Untuk masyarakat yang dapat barangkali itu tak lagi jadi problem, namun untuk masyarakat kecil, perihal ini dapat menyebabkan fatal. Cost hidup mereka dapat semakin besar, walau sebenarnya kekuatan mereka amat minim. Situasi sebelum saat bbm naik saja telah kembang kempis, terlebih sesudah bbm naik, barangkali mereka cuma dapat malan pagi. Apalagi, barangkali banyak yang kelaparan dengan terselubung.
Perumpamaan paragraf argumentasi 3
menentukan sma tanpa pertimbangan yang masak cuma dapat menambah pengangguran dikarenakan pelajaran di sma tidak berikan bekal bekerja. Menurut iskandar, telah waktunya masyarakat merubah paradigma supaya lulusan smp tidak latah masuk sma. Bila memanglah lebih memiliki bakat pada jalur profesi baiknya menentukan smk. Dia mengingatkan sebanyak risiko untuk lulusan smp yang sembarangan meneruskan sekolah. Contohnya, lulusan smp yang tidak memiliki potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi, namun memaksakan diri masuk sma, dia tak lagi lulus uan dikarenakan sukar ikuti pelajaran di sma. Namun tanpa lulus uan tidak mungkin dapat sampai perguruan tinggi.
Perumpamaan paragraf argumentasi 4
akibat perubahan perekonomian serta bertambahnya jumlah masyarakat, komsumsi daya didalam negeri juga meningkat. Keperluan gas di pulau jawa pada tahun 2002 sejumlah 943 juta kaki kubik /hari ( mmcfd ). Tahun 2005, meningkat jadi , 136 mmcfd. Pada tahun 2010, keperluan gas di pulau jawa diperkirakan 2. 252 mmcfd serta tahun 2015, sejumlah 3, 441 mmcfd.

Perumpamaan paragraf argumentasi karena sebab

perumpamaan paragraf argumentasi 1
rusaknya lingkungan merupakan di antara problem terbesar yang dihadapi oleh umat manusia di jaman modern saat ini ini. Nyaris tiap-tiap hari kita senantiasa disuguhi dengan berita-berita perihal beragam jenis bencana alam layaknya banjir, tanah longsor, kekeringan serta beragam jenis bencana alam lain yang sudah mengonsumsi sangat banyak korban baik harta ataupun nyawa. Bencana-bencana alam buatan yang kerap berlangsung sekarang ini, tidak lain serta tidak bukan hanya yaitu akibat dari gaya hidup beberapa besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.
Perumpamaan paragraf argumentasi 2
dua tahun paling akhir, terhitung sejak boeing b-737 punya maskapai penerbangan aloha airlines celaka, isu pesawat itu mencuat ke permukaan. Ini dapat dimaklumi karena pesawat yang badannya koyak selama 4 mtr. Itu telah dioperasikan kian lebih 19 tahun. Oleh dikarenakan itu, yaitu cukup beralasan bila orang jadi kuatir terbang dengan pesawat berumur tua.
Di indonesia, yang mengagetkan, kian lebih 60% pesawat yang beroperasi yaitu pesawat tua. Amankah ? Bila memanglah aman, lantas bagaimana langkah merawatnya serta berapakah biayanya hingga ia terus nyaman dinaiki ?
Perumpamaan paragraf argumentasi 3
sekali lagi, kita pantas bersyukur dikarenakan tampaknya aktivitas ospek di kampus-kampus telah ada pergantian ke arah yang lebih berarti positif. Telah waktunya kita meninggalkan perpeloncoan. Hidup ini telah demikian keras untuk diperjuangkan, janganlah ditambah lagi dengan kekerasan yang lain.

Like / bagikan artikel :

Artikel terkait: