Artikel Pendidikan: Fungsi Pemerintah Dalam Melindungi Kebebasan Umat Beragama Di Indonesia

Berikut sebuah gambaran mengenahi fungsi pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia terkait dengan kebebasan beragama.

Pada postingan sebelumnya Anda dapat membaca contoh naskah drama tentang kebebasan beragama, dan pada kesempatan posting kali ini kita akan berbagi pengetahuan tentang fungsi pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat yang berbeda agama.

Abstract

Ditinjau dari sisi historis hak asasi manusia (HAM) sebagaimana yang saat ini dikenal (baik yang dicantumkan dalam berbagai piagam maupun dalam UUD), memiliki perjuangan panjang. Bahkan, semenjak abad ke 13 perjuangan untuk mengukuhkan gagasan hak asasi manusia ini sudah dimulai.

Pendekatan yang dilakukan dalam melakukan penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk memahami gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi. Tata cara penelitian ini bersifat deskriptif, dimaksudkan untuk memberikan data seteliti mungkin tentang manusia, keadaan, atau gejala-gejala lainnya.

Dalam sebuah penelitian harus ada rumusan masalah sehingga sasaran menjadi lebih jelas. Bagaimana Fungsi Pemerintah Dalam Melindungi Kebebasan Beragama di Indonesia?

Contoh kasus kerusuhan di Ci Keusik. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dilanjutkan dengan analisis, konstruksi dan pengolahan data yang juga dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan logika deduktif. Kebebasan beragama dan berkeyakinan merupakan salah satu hak asasi manusia. Bahkan, hak ini tergolong ke dalam rumpun hak yang paling fundamental, yang tidak dapat dikurangi, dibatasi, atau dilanggar dalam kondisi apa pun (non derogable rights).

Dalam hukum positif, yakni Undang-Undang No.39/1999 tentang HAM dengan jelas telah mengakui kebebasan beragama dan berkeyakinan. Pasal 22 menyatakan: (1) Setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu; (2) Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Baca artikel berkaitan lainnya :

- Pengertian manajemen pendidikan
- Sistem pemerintahan Indonesia
- Sistem ekonomi Indonesia


teksdrama.com » kumpulan naskah drama & artikel pendidikan

Post title: Artikel Pendidikan: Fungsi Pemerintah Dalam Melindungi Kebebasan Umat Beragama Di Indonesia
Written by: Dina Anggraeni

Bagi Anda yang ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Artikel Pendidikan: Fungsi Pemerintah Dalam Melindungi Kebebasan Umat Beragama Di Indonesia ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan sahabat Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.