Contoh Cerita Legenda

Contoh Cerita Legenda
Cerita legenda dalam istilah orang Jawa disebut sebagai dongeng yang artinya keabsahan cerita tersebut tidak dapat dipastikan. Banyak sekali cerita legenda yang telah diceritakan oleh para sesepuh kita sehingga cerita-cerita tersebut masih dikenang oleh sebagian banyak orang, termasuk kita.

Diantara sekian banyak cerita legenda satu diantarnya yang paling terkenal adalah Nyi Roro Kidul yang dikenal sebagai ratu pantai selatan. Nyi Roro Kidul dikenal oleh banyak orang karena kisahnya yang sangat menakutkan.
Selain Nyi Roro Kidul masih banyak cerita legenda lainnya, dan dibawah ini adalah salah satu contoh sebuah cerita legenda.

Disebuah desa terpencil terdapat sebuah gunung yang dikenal angker dan membuat banyak penduduk merasa takut untuk menghampiri gunung tersebut. Gunung ini diyakini warga menyimpan banyak cerita mistik dan masih bertahan hingga saat ini.

Digunung itu terdapat sosok penunggu yang dikenal sangat tidak ramah terhadap siapapun yang menginjakkan kaki digunung tersebut, bahkan satwa pun diyakini warga enggan untuk menghampiri gunung tersebut karena merasa takut dan terancam oleh sipenunggunya, penunggu tersebut bernama Ndoro Riri.

Gunung yang ditumbuhi pohon besar tepat ditengahnya ini memang terlihat sangat angker sekali. Warga yang tinggal di desa tempat gunung tersebut terletak mengatakan bahwa ketika matahari sudah terbenam gunung akan berubah menjadi sebuah tempat yang sangat menyeramkan meskipun dilihat dari jarak yang jauh.

Pada suatu hari salah seorang warga pendatang yang baru menetap di desa tersebut karena istrinya merupakan warga desa setempat menghampiri gunung tersebut. Warga tersebut bernama Mali. Karena tidak tahu menahu bahwa gunung tersebut menyimpan jejak misterius, maka pria ini dengan biasa saja mendekati gunung itu sambil berlama-lama disana.

Matahari sudah terbenam, namun Mali belum juga sampai kerumah. Istrinya pun panik, dan akhirnya dia memberitahukan hal ini kepada keluarganya. Sementara itu Bapak/Ibu istri Mali meyakini bahwa menantunya tersebut berada di gunung yang angker itu karena tidak mengerti kalau gunung itu berbahaya.

Kemudian istri Mali bersama Bapak dan Ibunya meminta bantuan warga untuk mencari keberadaan Mali digunung itu. Warga pun akhirnya secara beramai-ramai mendatangi gunung itu guna mencari keberadaan Mali. Sudah lebih dari 3 jam warga mengintari gunung tersebut untuk mencari dimana Mali berada, namun pria ini tidak kunjung ditemukan, dan warga pun akhirnya pulang.

30 menit kemudian, warga sangat terkejut melihat kedatangan Mali yang terlihat berjalan dari arah gunung tersebut. Mali terlihat pucat dan sulit diajak bicara. Setelah meneguk segelas air putih Mali baru kemudian berbicara kepada warga dan juga istrinya bahwa setelah menginjakkan kakinya digunung itu dia lantas tidak bisa melihat apa-apa. Dia mengatakan bahwa semuanya menjadi sangat gelap dan dia tidak bisa bergerak sama sekali. Selain itu, dia juga tidak bisa mendengar apa pun.

Warga pun akhirnya memberi tahu Mali bahwa gunung tersebut memang menyimpan misteri dan tidak satu pun warga di desa mereka yang berani menginjakkan kaki digunung tersebut.

*) Demikian contoh cerita legenda. Kisah ini hanya sebuah karangan, dan bukan cerita legenda yang sebenarnya.

Artikel yang mungkin ingin anda baca; contoh naskah cerpen sosial pendidikan, contoh cerpen cinta

Like / bagikan artikel :

Artikel terkait: