Pengertian dan Contoh Silabus (RPP)

Dalam lingkup pendidikan kita mengenal yang namanya silabus serta RPP. Apa yang dimaksud silabus? Dan apa pengertian RPP? Secara definitional keduanya mempunyai arti yang sama, yakni merupakan rencana atau konsep pembelajaran suatu kelompok mata pelajaran atau kurikulum berdasarkan suatu topik yang dalam hal ini mencakup sejumlah hal. Diantaranya, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator (gejala), penilaian, alokasi waktu, serta sumber pembelajaran yang dikembangkan oleh unit pendidikan. Jika dihubungkan dengan KTSP, silabus dapat diartikan sebagai penjabaran standar kompetensi serta kompetensi dasar kedalam kurikulum pembelajaran, kegiatan pendidikan (pembelajaran), dan indikasi atau potensi pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil belajar.

Bagaimana cara menyusun silabus?

Silabus disusun berdasarkan standar isi dimana didalamnya memuat beberapa hal, meliputi identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan studi, indikasi, penilaian, alokasi waktu, serta sumber belajar. Dengan demikian, maka silabus dapat menjawab sejumlah permasalahan sebagaimana disebutkan dibawah ini:

  • Apa sajakah kompetensi yang harus dicapai oleh semua peserta didik mengacu pada perumusan standar isi (standar kompetensi dan kompetensi dasar).

  • Apa saja yang materi pembelajaran yang perlu dipelajari serta dicerna oleh peserta didik dalam upaya untuk mencapai standar isi.

  • Apa saja bentuk kegiatan pembelajaran yang harus di manage sedemikian rupa oleh dewan guru yang bertujuan untuk memudahkan para peserta didik dalam proses pembelajaran.

  • Apakah cara-cara atau metode yang bisa dilakukan guna dapat mengetahui tercapainya kompetensi mengacu pada indikasi.

  • Waktu yang diperlukan untuk mencapai standar isi berapa lama.

  • Sumber belajar apa sajakah yang bisa digunakan agar mampu mencapai standar isi tertentu.

Demikian definisi tentang silabus (RPP), semoga bermanfaat buat anda. Untuk mengetahui contoh Rumusan Pelaksanaan Pembelajaran silahkan klik tautan berikut untuk mengunduhnya “contoh RPP PPKN”.

Like / bagikan artikel :

Artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment