Contoh Proposal Bantuan Dana Yang Bagus

0 comments
Proposal adalah sebuah bentuk dokumen (resmi) yang dalam hal ini dapat mengatasnamakan lembaga, instansi, atau perusahaan. Jenis-jenis proposal sendiri ada sekian banyak, mulai proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal kerjasama, proposal usaha hingga proposal permohonan bantuan dana.

Menulis sebuah proposal tidak sama dengan menulis surat. Dokumen proposal ditulis secara lebih lengkap dan tentunya harus memenuhi standar pembuatan proposal yang ada. Dalam penulisan proposal terdapat banyak aspek yang perlu diperhatikan, mulai penanggung jawab, alokasi dana (untuk proposal bantuan dana), manfaat dari kegiatan yang perlu didanahi, dsb.

Mengajukan sebuah proposal bantuan dana juga harus disertai dengan surat pengantar (surat pengantar proposal), karena ini adalah salah satu kriteria yang harus dipenuhi dalam menulis dan mengajukan sebuah proposal permohonan bantuan dana. Tanpanya, maka proposal yang Anda buat kemungkinan besar tidak akan ditindaklanjuti oleh yang bersangkutan.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi dengan Anda contoh proposal permohonan bantuan dana untuk Anda jadikan materi pembelajaran bagaimana cara mengajukan proposal bantuan keuangan yang baik dan benar agar nantinya proposal yang akan Anda terbitkan benar-benar bisa "dilirik" oleh perusahaan atau korporasi yang akan Anda tuju.

Download Proposal Bantuan Dana

Demikian, semoga contoh proposal bantuan dana yang saya share ini berguna bagi Anda yang mungkin baru pertama kalinya akan membuat proposal.
{ Selengkapnya }

Contoh Pidato Tentang Lebaran Hari Raya Idul Fitri

0 comments
Setiap setahun sekali kaum Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri. Nah, kali ini saya ingin berbagi dengan sahabat pembaca sebuah naskah pidato singkat yang bertemakan seputar datangnya hari lebaran atau hari raya Idul Fitri.

Contoh Pidato Tema Hari Raya Idul Fitri

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Syukur Alhamdulillah kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan segenap rahmat-Nya kepada kita semua sehingga kita bisa menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh yang InsyaAllah sah dan diterima disisi-Nya, Amin.

Kedua kalinya shalawat serta salam mudah-mudahan tetap terucarahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad S.A.W. yang telah memberikan kita pelajaran dan tuntunan untuk menuju jalan yang diridloi.

Para hadirin yang saya hormati dan dimuliakan Allah S.W.T

Tidak terasa sudah Ramadhan yang indah akhirnya meninggalkan kita. Semoga Ramadhan berikutnya kita masih diberikan kesempatan untuk melakukan ibadah yang dapat membersihkan diri kita dari noda-noda kehidupan dan lebih mendekatkan diri lagi kepada Tuhan pemilik seraya alam.


Kini tiba waktunya bagi segenap kaum Muslim untuk menyambyut datangnya hari kemenangan, yakni hari raya Idul Fitri. Dihari kemenangan ini kita selaku ummat Muslim diwajibkan untuk membuka pintu maaf kepada saudara-saudara kita, dan disisi lain kita juga harus meminta maaf satu sama lain untuk membersihkan diri kita dari dosa dan kesalahan.

Para hadirin yang dimuliakan Allah S.W.T

Perlu kita ketahui, bahwa wajib bagi kita untuk memberikan maaf kepada saudara-saudara kita meski sebesar apapun kesalahan yang mereka perbuat. Kita harus bisa memberikan pintu maaf kepada mereka. Tuhan saja bersedia memberikan maaf kepada hamba-hambanya yang penuh dosa, apalagi kita yang tidak punya apa-apa tanpa kehendak dan pertolongan-Nya.

Bapak/Ibu dan saudar-saudaraku skalian..

Marilah kita menjadi ummat yang bersih dan penuh dengan kemaafan sehingga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik serta mendapatkan ridlo dari Allah S.W.T. Semoga dengan datangnya hari raya Idul Fitri ini kita semakin diberikan kemudah oleh Allah S.W.T.

Para hadirin yang dimuliakan oleh Allah S.W.T

Demikian sedikit pesan yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan pencerahan serta renungan berarti kepada saya pribadi, dan kepada para hadirin sekalian pada umumnya, Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Baca contoh pidato lainnya:


Demikian, semoga bermanfaat.
{ Selengkapnya }

Contoh Pidato Memilih Pemimpin

0 comments
Bicara tentang sosok pemimpin, pada dasarnya lingkup kepemimpinan itu sangat luas sekali. Pun begitu dengan jenis-jenis pemimpin, ada pemimpin sekolah, ada pemimpin kelas, ada pemimpin perusahaan hingga pemimpin negara atau yang disebut sebagai presiden.

Sebelumnya saya sudah share contoh pidato tentang pemilu, nah artikel contoh naskah pidato ini masih ada kaitannya dengan artikel sebelumnya. Kali ini saya akan membahas contoh pidato tema sosial berkaitan dengan memilih pemimpin dimana sekala pemimpin itu sangat luas sebagaimana yang saya singgung diawal paragraf.

Contoh teks pidato tentang memilih pemimpin

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera saya haturkan, semoga kita senantiasa dalam lindungan yang maha Esa. Syukur kehadirat Tuhan yang maha Kuasa karena kita masih diberikan rahmat-Nya sehingga kita masih bisa menghirup udara segar dengan kondisi tubuh yang sehat wal'afiyat.

Para hadirin yang saya hormati..

Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan saya sedikit berpesan berkaitan dengan kewajiban kita sebagaiw warga negara yang bertanggung jawab untuk memilih seorang pemimpin. Memilih seorang pemimpin itu wajib hukumnya bagi kita yang sudah diharuskan atau sudah mendapatkan hak pilih. Oleh karena itu, mari kita pergunakan hak suara kita untuk memilih pimpinan kita.

Para hadirin yang saya cintai..

Dalam memilih sosok pemimpin, sebaiknya kita mempertimbangkan tentang banyak hal. Mulai akhlak sosok pemimpin yang akan kita pilih, visi-misinya, dan tentunya kapabilitasnya. Kita harus bisa menjadi seorang pemilih yang cerdas, karena suatu bangsa itu bisa maju awal mulanya juga berawal dari pola pikir masyarakatnya sendiri. Mari kita memilih pemimpin secara bijak sesuai dengan nauluri kita dan berdasarkan objektivitas.

Bapak/Ibu dan saudara/i ku sekalian..

Jangan sampai ada diantara kita yang tidak menggunakan hal pilihnya tanpa ada alasan yang benar-benar mustahak. Sebagai warga yang bertanggung jawab, kita harus menunjukkan sikap patut. Kita harus menggunakan hal suara kita pada saat hari pemilihan tiba nanti.

Para hadirin yang saya hormati...

Demikian sedikit pesan dan pencerahan yang dapat saya sampaikan pada hari yang penuh kedamaian ini, semoga apa yang saya sampaikan berguna bagi saya pribadi, dan berguna bagi para hadirin sekalian pada umumnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Nah, itulah contoh pidato singkat tentang pemilihan pemimpin. Semoga berguna bagi sahabat pembaca yang mungkin sedang mencari referensi contoh naskah pidato tentang kewajiban memilih pemimpin.
{ Selengkapnya }

Cerpen Tentang Pendidikan

Cerpen pendidikan pada dasarnya adalah sebuah karya tulis (cerpen) yang berkaitan dengan lingkup pendididikan. Kali ini saya ingin berbagi sebuah cerpen pendidikan dengan sahabat pembaca, dan semoga contoh cerpen tantang pendidikan yang akan saya tuangkan dibawah ini berguna bagi Anda yang sedang mencari cerpen tema pendidikan.

Seperti yang saya singgung pada artikel contoh artikel pendidikan, bahwasannya lingkup pendidikan pada dasarnya santa luas sekali. Pendidikan adalah sebuah proses terstruktur untuk mengarahkan manusia menjadi lebih baik dan lebih siap untuk menjadi orang yang berhasil, baik keberhasilan dalam hal yang bersifat material, maupun yang bersifat non-material.

Cerpen tentang pendidikan


Dia (nama samaran) adalah sosok remaja berusia 17 tahun yang berasal dari keluarga sangat miskin. Usai lulus dari SMA, Dea tidak lagi mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Jangankan untuk masuk perguruan tinggi, lulusa SMA saja sebenarnya sudah disukurinya lantaran kondisi ekonomi keluarganya yang jauh dari kata kecukupan. Dia juga bukan anak yang tergolong cerdas. Nilai Dia sewaktu di SMA juga tergolong biasa-biasa saja.

Pada suatu hari Dia bertemu dengan seseorang. Orang yang ditemua Dia ternyata adalah seorang dosen disebuah kampus swasta. Dia pun ngobrol selama 30 meni dengan dosen tersebut. Dosen itu sangat baik hati dan mau berbagi tentang banyak hal dengan Dia.

Keesokan harinya Dia itu bertemu lagi dengan Dosen itu. Tanpa disengaja, dosen itu melihat Dia sedang berjalan lantas memanggilnya. Dosen itu pun mentraktir Dia segelas susu dan membicarakan tentang banyak hal terkait dunia pendidikan.

Dosen itu memberitahu Dia bahwa sebenarnya ada peluang untuk mendapatkan beasiswa jika Dia masih berharap ingin masuk kuliah. Dia pun menggelengkan kepala, karena dia merasa bahwa untuk mendapatkan beasiswa harus memiliki prestasi akademik.

Si Dosen pun lantas banyak bertanya kepada Dia tentang masa-masa dimana Dia masih duduk dibangku sekolah SMA hingga lulus. Dia memberitahu si Dosen bahwa dia bukanlah anak yang pintar sehingga dia tidak kepikiran untuk mendapatkan beasiswa.

Kemudian, si Dosen pun menanyakan nilai yang diapat Dia. Meskipun nilai akademis Dia memang tidak bagus, namun Dosen itu masih meyakinkan Dia bahwa masih ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa jika dia bisa fokus pada saat mengikut tes.

Mendengar perkataan si Dosen yang berusaha mayakinkan dirinya, Dea pun lantas memutuskan untuk mendaftar program beasiswa tersebut. Dan tanpa disangkanya, ternyata setelah melalui tes dia dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan beasiswa tersebut.

Dea pun lantas mengunjungi rumah si Dosen untuk memberitahu kabar gembira itu. Dia mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada si Dosen atas informasi dan semangat yang telah dia dapat dari Dosen yang dikenalinya itu.

Demikian cerita pendek tentang Dia si anak kurang mampu nan tidak memiliki IQ istimewa, namun akhirnya berhasil melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berkat beasiswa yang didapatnya usai berjuang dengan semampunya.
{ Selengkapnya }

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Bagaimana cara memilih fakultas kuliah yang tepat?

Memilih jurusan kuliah sejatinya merupakan hal yang sangat prioritas, oleh karenanya amat penting bagi Anda untuk melakukan pertimbangan secara matang sebelum membuat keputusan. Memilih juruan kuliah berbeda dengan memilih fahion baju, dimana jika dirasa tidak cocok kita dapat dengan mudah menggantinya.

Ada sejumlah faktor pertimbangan penting dalam menentukan pilihan fakultas atau jurusan agar jurusan yang kita pilih nantinya benar-benar pilihan yang tepat utuk kita. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih jurusan kuliah.

Faktor ketertarikan
Pilihlah fakultas yang terkait dengan bisang ketertarikan Anda, misalkan telematika, bahasa, atau yang lainnya. Jika Anda memilih jurusan berdasarkan bidang ketertarikan Anda biasanya Anda akan merasa lebih terobsesi dan memiliki semangan belajar yang tinggi.

Faktor masa depan
Lihat kedepan, apa yang bisa Anda lakukan dengan jurusan yang Anda pilih. Apakah nantinya ilmu yang Anda kuasai merujuk pada fakultas yang Anda pilih akan banyak membantu Anda dimasa mendatang, misalkan untuk mencari pekerjaan, pensejahteraan diri, dst.

Faktor kemampuan
Anda harus bisa mengukur kuantitas pemikiran atau IQ Anda. Hal ini sangat penting, dan sebaiknya Anda tidak memilih jurusan kuliah hanya karena pertimbangan trend. Anda harus menyesuaikan dengan daya jangkau kecerdasan Anda agar nantinya Anda tidak merasa kesulitan saat mengikuti kegiatan belajar-mengajar di kampus.

Faktor ekonomi
Agar tidak mengganggu program belajar Anda, pilihlah kampus dengan biaya yang realistis dengan keadaan finansial Anda.

Faktor reputasi perguruan tinggi
Ini merupakan salah satu pertimbangan terpenting dalam menentukan jurusan kuliah. Selain faktor reputasi kampus secara keseluruhan, sebaiknya Anda memilih jurusan yang sudah diakreditasi dikampus bersangkutan.
{ Selengkapnya }

Naskah Drama Tema Sombong

0 comments

Contoh naskah drama tema orang sombong akan saya bahas pada kesempatan posting contoh teks drama kali ini. Bagi sahabtku yang sedang mencari contoh naskah drama tema kesombongan, berikut ini contohnya.


Naskah Drama Tema Orang Yang Sombong


Judul       : Sombongnya Temanku
Tema      : Drama Sosial
Pemeran : Andi (baik), Jogan (baik), Budi (sombong)

Johan, Budi dan Andi adalah tiga orang bersahabat yang sudah berteman sejak sekian lama. Mereka terlihat sangat akrab seperti normalnya sahabat sejati.

Johan : Kamu kenapa nggak datang waktu acara si Lukman kemarin, Bud?

Budi : Ah, aku malah.. masak aku mau datang di acara murahan gituan?!

Andi : Acara murahan gimana sih maksud kamu, Bud?

Johan : Iya, maksud kamu apanya sih yang murahan? kan itu cuman acara syukuran biasa?

Budi : Ya iya, masak aku mau datang di acara yang dipenuhi sama orang-orang yang nggak punya level gitu?

Johan, Andi dan pun tercengang mendengar perkataan si Budi yang dengan begitu sombongnya membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.

Budi : Eh, kalian dengar ya.. aku tu punya level ku sendiri, dan nggak mungkin dong aku mau ngumpul sama orang-orang yang nggak jelas kayak gitu.

Johan : Yang nggak jelas apanya? kalaupun kamu punya level tersendiri, kan bukan berarti kamu bisa nggaggap mereka semua itu nggak jelas.

Andi : Benar kata kamu Johan, kamu tu nggak boleh seperti itu Bud. Ya, kami tahu kalau kamu tu anak orang kaya, tapi bukan berarti kamu bisa memandang mereka semau kamu, apalagi ngatain mereka nggak jelas.

Budi : Ah, kalian ini emang dasar. Ayo dong, gengsi kalian itu dimana sih? apa kalian juga mau ku samakan dengan mereka semua itu?

Johan semakin tidak respek dengan temannya itu. Menurutnya Budi terlalu sombong dan tidak bisa menghormati orang lain.

Johan : Bud, aku tahu kamu memang anak orang kaya yang serba kecukupan, tapi bukan berarti kamu bisa memandang mereka dengan sudut penilaian yang selalu negatif. Harusnya kamu membuka mata bahwa setiap rorang memiliki jalan hidup maisng-masing.

Andi : Benar apa yang dikatakan Johan. Kamu harus bisa menghargai orang lain Bud!

Budi : Ah, tau ah.. aku nggak mau dengerin ocehan kalian ini. Aku mau pulang.

Budi pun bergegas menuju mobil BMW nya yang diparkir didepan halaman sekolah. Sementara itu, Andi dan Johan masih berada disitu.

Andi : Kok bisa-bisanya ya Budi berpikiran seperti itu.

Johan : Iya, aku sendiri juga nggak habis pikir kenapa teman kita yang satu ini bisa menjadi orang yang sangat sombong sekali.

Andi : Ya sudah lah Johan, mungkin kita harus terus nasehatin dia supaya kedepannya dia bisa lebih baik dan tidak takabur seperti itu.

Johan : Ya.

Johan dan Andi pun akhirnya bergegas untuk pulang, karena para siswa-siswi lainnya pun sudah terlihat meninggalkan sekolah usai jam pelajaran terakhir.

Demikian tadi contoh naskah drama singkat untuk 3 orang, semoga contoh naskah drama tentang kesombongan diatas bermanfaat untuk Anda.
{ Selengkapnya }