Contoh Naskah Drama SMP

0 comments
Berikut ini adalah contoh naskah drama untuk anak SMP yang mungkin sedang Anda cari untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam menulis naskah drama sesuai yang Anda butuhkan. Naskah drama dibawah ini merupakan jenis naskah drama pendek.

Skenario teks drama yang saya sajikan dibawah ini hanya sebagai bahan perbandingan atau materi referensi, artinya tata cara penulisannya memang tidak selengkap skrip drama yang sesungguhnya, namun Anda bisa melakukan penyesuaian sebagaimana kriteria drama yang Anda mau.

Baca juga beberapa contoh drama berikut ini:

  1. contoh naskah drama anak sekolah
  2. naskah drama pendidikan
  3. contoh naskah drama cinderela


CONTOH TEKS DRAMA UNTUK PELAJAR (SMP)

Yuda:
Eh temen2 besok kan kita pada libur, gimana kalau besok kita main ke pantai, mau nggak?

Ilma:
Kalau aku sih terserah temen2 aja.. kalau semua pada setuju aku sih ngikut aja.

Yuda:
Nah, kalau kamu Tin, apa kamu setuju dengan ideku untuk main ke pantai bareng2?

Tina:
Aku sih belum tau ya.. soalnya besok tu kalau nggak salah aku mau diajak nyokap.

Ilma:
Emang nyokap kamu mau ngajak kemana? penting nggak? menurutku sih kalau nggak penting kamu kan bisa nolak.

Yuda:
Kalau emang kamu mau diajak nyokap aku sih nggak maksa, lagian kan nggak baik kalau seorang anak menolak ajakan orangtua!

Tina:
Iya, kamu benar tu Da. Ya udah deh, nanti aku kabari aja kalian, semoga saja ortuku nggak jadi ngajak aku.

Yuda:
OK

Sore harinya Tina memberi tahu Yuda dan Ilma kalau besok dia tidak bisa main ke pantai karena ibunya akan mengajaknya menjenguk neneknya di kampung.

Tina:
Hey Yuda.. aku sorry banget ya.. aku besok nggak bisa main ke pantai soalnya aku mau diajak ke rumah nenek di kampung.

Yuda:
Oh gitu.. ya sudah kalau gitu. Kalau besok nggak bisa kita kan masih bisa ke pantai di lain waktu.

Tina:
Iya, bener itu.

Ilma:
Tapi besok tu kan cocok banget momentnya, harusnya kita bisa main ke pantai besok itu!

Tina:
Tapi aku kan nggak bisa, Il!

Yuda:
Iya, kan udah dikasih tau kalau besok Tina mau diajak menjenguk neneknya yang dikampung. Udahlah, lain kali kan masih ada waktu.

Meskipun Ilma sebenarnya sangat ingin pergi pada esok hari itu, namun akhirnya dia mengerti bahwa memenui ajakan orangtua memang lebih penting.

Ilma:
Ok deh kalau gitu.. aku paham, nggak papa emang kita nggak bisa pergi esok, kita lain kali aja ke pantai.

Yuda:
Ya sudah kalau gitu.. nanti sesampainya dirumah jangan lupa salamku untuk ibu kamu ya!

Ilma:
Eh.. aku juga, Tin, salamku untuk tante.

Tina:
OK, ntar ku sampaiin.

NASKAH DRAMA ANAK SMP - SELESAI
{ Selengkapnya }

Puisi Cinta Terbaru

Kumpulan puisi cinta - Apakah asmara sedang menghinggapi hati anda? Bagaimana anda merasakan cintanya?

Berikut puisi cinta terbaru yang mungkin berguna buat anda.

Puisi cinta remaja

Puisi cinta cintanya tak pernah tersentuh

Saat ku merasa jatuh hati pada dirinya yang tak pernah ada

Dunia serasa sepi waktu terlalu sulit untuk bisa ku lewati

Bertanya pada siapa

Adakah yang patut untuk dicari tahu jawabnya

Diri terus melewati malam bertemankan hening malam

Belai matahari terus menusuk kulit layu tubuhku bak tiada lagi kehidupan

Rebahkan diri menatap apa yang berada diatas

Sedang apa kau disana

Mengapa tak sepatah katapun dia ucap

Jalanku kian sulit

Mimpiku terus buatku lalaui hari-hari. Yang rumit

Masih adakah sepercik harapan

Masih pantaskah untuk berharap kebahagiaan

Dan haruskan diri terus bersandar pada kehampaan

Dirinya tak pernah ada

Cintanya tak pernah bisa ku sentuh

Saatnya untuk ketepikan semuuanya


Puisi cinta kerinduan


Di sekelip kuatirku yang mendalam
Terselip kerinduan yang mendalam

Pada gelisahku yang semakin gusar
Cemburu di hatiku mulai terbakar

Kuatir dengan ketiadaanmu
Rindu dapat kehadiranmu
Gelisah menunggu kedatanganmu

Cemburu tidak menentu
Duhai kau insan tersayang
Jauh pergimu ke tanah seberang
Tersisa bayangmu didalam bingkai kenang
Akankah engkau segera pulang ?

Kuatirku membias curiga
Cemburuku semakin membara
Tengah rinduku mengharap
Seluruh itu cuma prasangka

Wahai insan tercinta
Bilakah kau rasa apa yang saat ini ku rasa
Saat tanpamu waktuku berlalu hampa
Adakah kan datang satu periode untuk kita kembali bertemu.

Puisi cinta pandangan pertama

Tersebut waktu yang memisahkan aroma kehidupan dari kesadarannya.
Tersebut percikan api pertama yang menyalakan wilayah-wilayah jiwa.
Tersebut suara magis pertama yang dipetik dari dawai-dawai perak hati manusia.
Tersebut waktu sekilas yang mengemukakan pada telinga jiwa perihal risalah hari-hari
Yang sudah berlalu serta mengungkap karya kesadaran yang dilakukan
Malam, jadikan mata jernih lihat kesenangan didunia serta menjadikan
Misteri-misteri keabadian didunia ini ada.

Tersebut benih yang ditaburan oleh ishtar, dewi cinta, dari satu area yang tinggi.
Mata mereka menaburkan benih didalam ladang hati, perasaan
Memeliharanya, serta jiwa membawanya pada buah-buahan.

Pandangan pertama kekasih yaitu layaknya roh yang bergerak di permukaan
Air mengalir menuju syurga serta bumi.
Pandangan pertama dari sahabat
Kehidupan menggemakan kalimat tuhan, jadilah, maka berlangsunglah ia

Puisi cinta lainnya :
{ Selengkapnya }

Contoh Naskah Drama 5 Orang

0 comments
Adegan drama 5 orang tidak jarang dimainkan di sekolahan. Topik dramanya pun bermacam-macam. Mulai drama seputar pendidikan, drama sosial, drama persahabatan, drama antara guru dan murid dan seterusnya.

Naskah drama dimainkan oleh 5 orang akan kita share pada kesempatan posting serial contoh teks drama kali ini. Berikut contoh skrip drama 5 orang yang bisa anda gunakan untuk keperluan educational anda.

Judul drama
Pengorbanan Orangtua Untuk Anak

Pemain drama:
1. Dina
2. Lia
3. Mifa
4. Deni
5. Yoga

Dina:
Apa kabar sahabat?

Lia cs:
Baik. Kamu sendiri gimana?

Dina:
Alhamdulillah, sehat.

Lia:
Gimana kabar Bapak kamu Din? Sudah baikan kan?

Dina:
Alhamdulillah, sudah baikan kok. Terimakasih sudah menanyakan kondisi orangtuaku.

Mifa:
Emang Bapak kamu abis sakit ya Din?

Dina:
Iya Mif, tapi sekarang sudah sembuh kok.

Mifa:
Sorry Din, aku nggak sempat menjenguk kemarin soalnya aku nggak tau. Syukur deh kalau sudah baikan.

Dina:
Nggak papa kok Mif, thanks for care.

Deni:
Din, sebaiknya kamu jagain Bapak kamu baik-baik. Jangan biarkan dia terlalu banyak bekerja nanti bisa kambuh sakitnya, kan dia udah tua.

Dina:
Tentu Den! Setelah sembuh kemarin aku udah ngelarang Bapakku untuk ngerjain yang berat-berat.

Deni:
Bener tu Din.

Yoga:
Kalau dipikir-pikir orangtua kita tu udah banyak berkorban buat kita. Mestinya kita harus bisa menjadi anak yang tau balas budi. Kita harus memberikan perhatian yang cukup kepada beliau. Membalas jasa-jasa beliau kepada kita, dan berusaha membuat beliau merasa bangga dengan budi pekerti kita.

Dina cs:
Kamu benar sekali Ga. Kita tidak boleh menjadi anak yang hanya bisa merepotkan orangtua. Kita harus membalas setiap pemberiannya kepada kita. Menghargai pengorbanannya kepada kita. Tanpanya, bahkan kita tidak tau apakah saat ini kita cukup makan.

Mifa:
Jika kalian renungi, kita memang tidak akan sanggup membalas jasa dan pengorbanan orangtua kita. Mereka mampu melakukan semuanya untuk kita. Sesuatu yang tidak mampu dilakukannya pun bisa dilakukannya karena demi masa depan anaknya. Oleh yang demikian, maka kita harus senantiasa mengingatnya dan berusaha untuk memperlakukannya sebagai ratu dalam kehidupan kita. Jangan pernah ada diantara kita lalai dan tidak peduli terhadap kondisi orangtua kita, termasuk pada saat beliau sakit.
{ Selengkapnya }

Contoh Naskah Drama 5 Orang Dalam Bahasa Inggris

0 comments
Contoh naskah drama 5 orang dalam versi bahasa Indonesia sudah di publish pada postingan sebelumnya. Contoh naskah drama kali ini topiknya masih sama dengan contoh teks drama yang sebelumnya, yakni drama 5 orang, tetapi ditulis menggunakan bahasa Inggris.

Anda mungkin sedang diberi tugas oleh Guru drama anda untuk memainkan sebuah adegan drama dalam bahasa asing (Inggris), nah berikut ini contoh naskah drama bahasa Inggris


Title of drama
Parents Sacrifice for Children

Drama players:
1. Dita
2. Veni
3. Tika
4. Huda
5. Ardi

Dita:
What's up friends?

Veni's friends:
All right. How about you Dit?

Dita:
Thank God, I'm healthy.

Veni:
How are you father Dit? He's well, right?

Dita:
Thank God, he's really healthy. Thank you for asking my parent condition.

Tika:
Dit, Did your father was sick yesterday?

Dita:
Yes, but now he's already healthy.

Tika:
I am sorry, I did not get to see because I did not know. Gratitude when it's healthy.

Dita:
Its okay Tik, thanks for care.

Huda:
Dit, you better keep your father well. Do not let him get too much pain may recur work, he's old.

Dita:
Sure Hud! After recovering yesterday I've banned my Father worked heavy.

Huda:
That's true Dit.

Ardi:
Come to think of our parents have sacrificed so much for us. We should be able to be a kid who knows reciprocation. We have to give enough attention to him. Replying to his giving to us, and trying to make him feel proud of our character.

Dita's friends:
You're absolutely Ar. We must not be a child of a parent who only can be a hassle. We must respond to any gift to us. Appreciate his sacrifice for us. Without it, we do not even know whether we have enough to eat.

Tika:
If you contemplate, we are not be able to reply to service and sacrifice of our parents. They were able to do everything for us. Something that is not capable of doing could be done for the future of their children. By the way, we must always remember and strive to treat them as queens in our lives. Do not ever exist among us negligent and indifferent to the condition of our parents, including at the time of his illness.

Thus an example script of the English drama, may be useful for your educational purpose.
{ Selengkapnya }

Contoh Surat Pernyataan

1 comments
Surat Pernyataan adalah sebuah bentuk pernyataan yang dimuat dalam bentuk tertulis (surat). Surat pernyataan sendiri memiliki banyak jenis dan kegunaan. Surat pernyataan juga bisa berbentuk individual dan juga kelompok.

Surat pernyataan memiliki banyak kegunaan. Surat pernyataan tidak hanya dibutuhkan untuk kepentingan pekerjaan saja, surat pernyataan juga dapat digunakan untuk keperluan-keperluan penting lainnya. Sifat dari surat pernyataan sebagaimana dijelaskan diatas merupakan bentuk pernyataan tertulis (formal), namun isi dari pernyataan yang dibuat bisa berbeda-beda mengacu pada keperluan dibalik pembuatan surat pernyataan tersebut.

Surat pernyataan juga bisa berbentuk sebuah penyangkalan terhadap suatu hal yang ditujukan kepada anda/komunitas tertentu. Berikut contoh surat pernyataan (individual) yang diunakan untuk kepentingan pekerjaan.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Saiful Bahri
Tempat tanggal lahir : Malang, 20 Januari 1988
Jenis kelamin : Laki-laki
Pendidikan : SLTA
Alamat : Jalan Pangeran Diponegoro No. 12 Malang

Dengan ini menyatakan bahwa :

Sampai pada saat ini saya tidak sedang terikat perjanjian kerja dengan perusahaan manapun, baik itu perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN.
Dan bersedia bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh PT. Citra Lestari Indah.
Siap untuk tidak mengambil cuti selama masa penugasan belum berakhir.
Bersedia untuk mengemban tugas sebagaimana telah dijelaskan dalam Surat Perjanjian Kerja yang telah dibuat oleh PT. Citra Lestari Indah dan atas persetujuan saya.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesunggunya dan apabila dikemudian hari terdapat perbedaan kondisi atau berlainan dengan pernyataan yang saya buat, maka saya bersedia dituntut di pengadilan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Malang, 21 Juni 2017
Pembuat pernyataan,

(Meterai 12000)

Tanda tangan Anda

(Siaful Bahri)
{ Selengkapnya }

Kumpulan Pantun Lucu Terbaru

Pantun adalah salah satu bentuk puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun sendiri berasal dari kata "patuntun" yang diambil dari bahasa Minangkabau.

Pantun juga dapat menjadi sebuah opsi penyampaian sesuatu, bisa berupa opini, teguran, atau seruhan dengan penggunaan gaya bahasa yang enak untuk didengar.

Pada posting kali ini, kita akan berbagi contoh pantun, dan pantun yang akan mengisi posting kali ini adalah contoh pantun lucu atau yang juga dikenal dengan nama pantun jenaka. 

Bagi Anda yang sedang mencari contoh pantun, berikut ini adalah kumpulan pantun-pantun lucu terbaru yang mungkin berguna buat Anda.

Pantun lucu 1

Kalau berjalan sebaiknya berhati-hati
Jangan tolah-toleh seperti anak burung
Usah bingung dan bersedih, nanti kamu bisa tertimpah gungung.

Pantun lucu 2

Naik ojek pas hujan lebat
Takut banget ada pohon tumbang
Kumis pacarku tebel banget, dasar dia pemales kerjaannya tidur doang.

Pantun lucu 3

Beli kucing lucu sekali
Sampai dirumah langsung dikasih makan
Abang Ali kok aneh banget, jangan-jangan kerasukan setan.

Pantun lucu 4

Ada gula ada semut
Gula habis semut pada kabur
Walau dia berwajah imut
Tapi buatku seperti bubur

Demikian kumpulan pantun-pantun jenaka terbaru, semoga pantun-pantun lucu diatas bisa menghibur Anda.
{ Selengkapnya }